Sulbar Express

Lebih Cerdar Lebih Bijak

Dandim : TNI Netral Tahun Politik

20 Februari 2019 23:58 WITA.

WATAMPONE, SULBAREXPRESS.COM – Usai pelaksanaan acara Korps Raport pindah Satuan personel Kodim 1407/Bone yang di selenggarakan di Aula Tauwarani Kodim 1407/Bone, Dandim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin memberikan jam komandan kepada seluruh personel Kodim 1407/Bone serta Persit KCK Cab XXV Dim 1407/Bone, Rabu 20 Februari.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1407/Bone memberikan beberapa penekanan Pangdam XIV/Hsn kepada seluruh personel Kodim 1407/Bone di antaranya tentang Netralitas TNI pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 nanti, sebagaimana yang di tekankan oleh Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Surawahadi pada acara Rapim yang di ikuti oleh Dandim 1407/Bone bertempat di Makodam XIV/Hsn.

Dandim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin menjelaskan tentang Netralitas TNI dengan mengutip UU TNI Nomor 34 tahun 2004 bahwa Tentara profesional ialah tentara yang tidak berpolitik praktis.

“TNI netral dengan tidak memihak kepada salah satu kontestan dalam penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019,” jelas Dandim

“Netral bukan berarti diam, tidak mau tahu, cuek, apatis dan tidak berbuat atau membiarkan, jika ada yang melakukan pelanggaran Pemilu laporkan ke Polisi atau Bawaslu,” kata Letkol Inf. Mustamin.

Ia menambahkan seruan tersebut juga menjadi paparan Pangdam XIV/Hasanuddin untuk semua prajurit TNI.

“Netralitas TNI adalah melakukan tindakan dalam koridor yang telah ditentukan untuk prajurit TNI sesuai undang-undang,” tambahnya.

Letkol Inf.Mustamin juga menyampaikan secara berulang-ulang sebagaimana penekanan Pangdam XIV/Hsn agar pranurit memahami dan menerapkan Netralitas TNI dengan sungguh-sungguh, selanjutnya Dandim berpesan kepada Danramil jajaran Kodim 1407/Bone agar menyampaikan ke seluruh prajurit dibawahnya secara berulang dalam setiap kesempatan sampai tuntas dan paham.

“Kita harus mengerti mana yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan, dan jika ada yang melanggar akan di beri sanksi,” ungkap Letkol Inf.Mustamin.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua Persit KCK Cab XXV Dim 1407/Bone ny. Prepti R. Mustamin yang di dampingi seluruh pengurus persit.(hab)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *