Sulbar Express

Lebih Cerdar Lebih Bijak

Pemprov Gelar Assessment Job Fit, Upaya Wujudkan Pejabat Berkualitas

23 Januari 2019 17:56 WITA.
Salah satu pejabat eselon II Pemprov Sulbar mengikuti Assessment Job Fit.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.COM – Dalam mengevaluasi kinerja lembaga maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemprov Sulbar melaksanakan Job Fit, Selasa 22 Januari.

Proses Assessment Job Fit tersebut melibatkan pihak akademisi, sebanyak 12 pejabat eselon II yang mengikuti proses Job Fit (Pemetaan jabatan).

Sekprov Sulbar Muh Idris DP mengatakan kegiatan asesmen job fit dilakukan agar penempatan pejabat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan sekaligus mengevaluasi kinerjanya.

“Sekaligus mengisi jabatan yang masih dalam status Plt. Ada 12 orang yang ikut untuk memastikan masih fit pada jabatannya,” kata Idris.

Ia menambahkan dalam proses Job Fit yang melibatkan pihak akademisi untuk memastikan pejabat yang akan memimpin lembaga betul-betul mampu.

“Kalau ada yang sudah tidak bisa lagi maka kita akan lakukan penggeseran dan digantikan yang lainnya,” tambahnya.

Idris juga menyampaikan proses mutasi tidak dilakukan dengan serta-merta, sehingga dilakukan Job Fit untuk memastikan pejabat eselon II mampu memimpin lembaga.

“Kalau proses mutasi sudah selesai, maka dilanjutkan dengan open biding berikutnya,” ungkap Idris.

Sementara itu, lanjut Idris, Job Fit dilaksanakan selama dua hari dimulai pada hari Senin 21 hingga Selasa 22 Januari. Namun proses asesment sudah dilalui peserta beberapa hari yang lalu di Makassar.

“Analisisnya mungkin butuh waktu 3 sampai 4 hari. Pekan depan sudah harus rampung,” terangnya.

Selain itu, peserta Job Fit sebanyak 12 orang dilakukan karena melihat tiga aspek dari informasi didapatkan dan dirampungkan pihak pimpinan Pemprov.

“Pertama ada orang dalam jabatan sudah lama, kedua kecendurungan kita lihat pejabat tersebut bisa berpindah dengan yang lain, dan terakhir pejabat dari informasi didapatkan bahwa tidak kompetitor,” tandasnya. (hab/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *