Sulbar Express

Lebih Cerdar Lebih Bijak

Tingkatkan Kapasitas Kesekretariatan, Bawaslu Sulbar Gelar Rapat Kerja

20 Januari 2019 16:48 WITA.
RAKER. Tenaga Ahli Bawaslu RI Muhtar Said memberikan materi pada acara Rapat Kerja Bawaslu Sulbar di Hotel Maleo, belum lama ini.

SULBAREXPRESS.COM. MAMUJU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulbar melaksanakan kegiatan rapat kerja peningkatan kapasitas Kesekretariatan Bawaslu di d’Maleo Hotel & Convention Mamuju.

Kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat kesiapan jajaran sekretariat dalam menghadapi pemilu 2019 dihadiri oleh Bawaslu Kabupaten se-Sulbar juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Bawaslu RI, Muhtar Said.

Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo mengatakan pelaksanaan pemilu yang sudah semakin dekat tentu menuntut jajaran pengawas pemilu untuk bekerja lebih giat lagi.

“Maka dari itu sekretariat harus mempersiapkan diri serta menyiapkan sarana dan prasarananya termasuk kualitas sumber daya manusia yang memadai,” kata Sulfan.

Senada, Anggota Bawaslu Sulbar Usman Sanjaya mengungkapkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekretariat menjadi perhatian khusus dalam memfasilitasi Bawaslu untuk melakukan tugas pengawasan.

“Termasuk juga seperti apa pola kerja kita (sekretariat, red) dalam menjalankan tugas divisi baik itu pengelolaan organisasi, pengawasan maupun dalam hal penindakan pelanggaran,” ujarnya yang juga Koordinator Divisi SDM dan Organisasi tersebut.

Sedangkan, Anggota Bawaslu Sulbar Ansharullah A Lidda menuturkan kegiatan peningkatan kapasitas kesekretariatan tersebut demi penguatan dukungan sekretariat terhadap komisioner dalam mewujudkan kualitas pemilu yang baik.

“Olehnya, dibutuhkan kualitas staf (pegawai, red) yang benar-benar dapat diandalkan oleh komisioner dalam menjalankan tugasnya,” ungkap Ansharullah yang merupakan Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran.

Kepala Sekretariat Bawaslu Sulbar Idrus menjelaskan terdapat beberapa hal yang menjadi dukungan sekretariat dalam pelaksanaan tugas pengawasan Bawaslu yaitu ketersediaan sumber daya manusia yang memadai, sarana dan prasarana serta pengelolaan keuangan.

“Khusus untuk penguatan sumber daya manusia staf bagaimana kita memperhatikan pengetahuan, kemampuan serta sikapnya dalam bekerja,” ucap Idrus.

Tenaga Ahli Bawaslu RI Muhtar Said yang hadir sebagai narasumber menuturkan hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pola hubungan baik Bawaslu Provinsi maupun Bawaslu Kabupaten/Kota yaitu pembinaan, pengawasan, evaluasi serta fungsi lain sesuai peraturan perundang-undangan.

“Hal lain sebenarnya yang perlu diperhatikan seluruh jajaran sekretariat yang dipekerjakan di bidang apapun harus juga memahami seperti apa pola pengawasan maupun tata cara penindakan pelanggaran. Dengan begitu penguatan kelembagaan kita sebagai satu kesatuan dalam mengawasi pemilu semakin solid di mata masyarakat,” tandasnya. (hab/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *