Sulbar Express

Lebih Cerdar Lebih Bijak

55 Relawan Demokrasi Dilantik

20 Januari 2019 17:09 WITA.
foto: GAZALI
Relawan demokrasi Polman saat mengikuti TOT di kantor Balitbangren Polman, Jumat 18 Januari 2019.

SULBAR EXPRESS.COM, POLEWALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Polman melantik sekaligus memberi pembekalan kepada 55 relawan demokrasi yang telah direkrut melalui proses seleksi.

Acara ini digelar di lantai dua kantor Badan Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan (Balitbangren) Pemkab Polman. Sebanyak 55 relawan demokrasi ini dilantik langsung Ketua KPU Polman, Rudianto, Jumat 18 Januari.

Ditemui usai pelantikan, Ketua KPU Polman Rudianto mengatakan pelantikan relawan demokrasi ini dilaksanakan sebagai titik awal bagi relawan yang sudah direkrut untuk mengikuti training of trainer (TOT) sebelum mereka turun ke lapangan.

“Tujuan utama relawan demokrasi ini adalah untuk meningkat kualitas pemilu serta meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

Menurutnya, relawan demokrasi direkrut bertujuan untuk mengejar target partisipasi pemilih pada pemilu 2019. Sebab secara nasional KPU dan pemerintah telah menargetkan 77,5 persen tingkat partisipasi pemilih.

“Pada pemilu dan pilpres kali ini sesuai target kita 77, 5 persen partisipasi pemilih. Apalagi penyelenggaraan pemilu untuk pertama kalinya diselenggarakan secara serentak dan ditindaklanjudkan dengan pemilihan legislatif,” kata Rudianto.

Selain itu, kata Rudianto, honor bagi relawan demokrasi dibebankan ke anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sebesar Rp750 ribu perbulan bagi setiap relawan.

“Memang ada honor sebesar Rp750 ribu perbulan dibebankan pada APBN yang ada,” jelasnya.

Sementara, salah satu relawan demokrasi KPU Polman, Novia Yolanda mengungkapkan motivasinya menjadi relawan karena ingin ikut berpartisipasi menyukseskan pemilu tahun ini dengan mengajak semua elemen masyarakat khususnya pemilih pemula ke tempat pemungutan suara.

“Tugas saya nanti pergi sosialisasi ke kampung-kampung. Sebab saya mengambil basis pemilih muda,” tutur alumni SMAN 1 Polewali tahun 2015. (ali/sol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *