Sulbar Express

Lebih Cerdar Lebih Bijak

Enam TPS-3R Tidak Berfungsi

26 November 2018 17:20 WITA.

SULBAR EXPRESS.COM , MAJENE – Keberadaan Tempat Pengolahan Sampah Reuse Reduce Recycle
(TPS-3R) tidak sesuai harapan. Sejumlah TPS-3R di Majene saat ini sudah mulai rusak dan tidak berfungsi.

Proyek miliaran yang dibangun melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu, hingga kini tidak pernah difungsikan, sehingga terkesan mubazir.

Seperti TPS-3R di Lingkungan Pangale Kelurahan Baurung Kecamatan Banggae Timur, kurang lebih lima tahun dibangun belum juga dioprasikan dengan alasan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sebagai
pelaksana tugas pemanfaat TPS-3R, tidak memiliki modal untuk mengelola.

Warga setempat Jufri mengatakan, sejak dibangunan dua unit proyek TPS-3R di wilayah Kelurahan Baurung hingga kini tidak pernah berfungsi dan dinilai hanya menghambur-hamburkan anggaran.

“Proyek itu dibangunan melalui APBN senilai Rp500 juta satu paket, kalau di Pangale dibangun sejak 2010, sementara di Barane dibangun sejak 2015, sampai saat ini proyek itu tidak berfungsi, bahkan yang di Pangale sekarang difungsikan sebagai tempat tinggal, ini namanya pemborosan anggaran,” kata Jufri, Minggu 25 November.

Senada juga di katakan Kepala Desa Soreang Palipi Wardin Wahid, bahwa proyek TPS-3R yang dibangun di desanya, sejak dibangun lima tahun lalu, tidak bermanfaat.

“Bagaimana masyarakat atau KSM saya bisa bekerja, sedangkan alat yang diserahkan kepada masyarakat desa hanya terkesan diberikan begitu saja tanpa ada petunjuk penggunaan atau pemasangannya,” ungkap Wardin.

Pantauan, dari enam paket proyek TPS-3R tidak difungsikan yakni TPS Barane Kelurahan Baurung, TPS Panggale Kelurahan Lembang, TPS Tunda Kelurahan Labuang, TPS Soreang Palipi, TPS Desa Bababulo Utara dan TPS Limbua.(hfd/smd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *